ZTE DI KASIH KESEMPATAN KEDUA UNTUK BERBISNIS KEMBALI DENGAN PERUSAHAAN AMERIKA



Amerika Serikat telah secara resmi mencabut larangan ekspornya yang melumpuhkan pada perusahaan China ZTE, mengurangi satu titik pertikaian dengan Beijing di tengah pertarungan perdagangan yang meningkat. 

Departemen Perdagangan AS mengatakan Jumat bahwa itu membiarkan ZTE, yang membuat smartphone dan peralatan telekomunikasi, melanjutkan pembelian komponen dari perusahaan-perusahaan Amerika.

Departemen Perdagangan mencapai kesepakatan dengan ZTE bulan lalu, setuju untuk mencabut larangannya setelah perusahaan membayar denda $ 1 miliar dan memasukkan $ 400 juta dalam rekening escrow.

Denda agen bola itu dibayarkan pada akhir Juni, dan Ross mengatakan Jumat bahwa $ 400 juta telah tiba di bank AS.

 ZTE juga setuju untuk membawa tim pemantau Amerika dan merombak manajemen puncaknya sebagai bagian dari kesepakatan. Baru-baru ini mereka menamai CEO baru dan mengganti seluruh papannya untuk memenuhi permintaan AS.

Departemen Perdagangan mengatakan Jumat bahwa langkah-langkah ini adalah "hukuman paling keras dan tindakan kepatuhan paling ketat yang pernah diberlakukan dalam kasus seperti itu." "Sementara kami mencabut larangan ZTE.

Departemen akan tetap waspada saat kami memantau ketat tindakan ZTE untuk memastikan kepatuhan dengan semua undang-undang dan peraturan AS," kata Sekretaris Perdagangan Wilbur Ross dalam sebuah pernyataan. ZTE telah berada dalam krisis sejak Amerika Serikat pertama kali memblokirnya dari membeli komponen AS pada bulan April.

Administrasi Trump mengatakan bahwa ZTE telah berbohong kepada pejabat AS tentang menghukum karyawan yang melanggar sanksi AS terhadap Korea Utara dan Iran.

 Larangan ekspor memaksa ZTE (ZTCOF) menghentikan hampir semua operasinya, membuat masa depan perusahaan diragukan. Ini juga mengipasi ketegangan antara pemerintah China dan Amerika saat mereka berdebat soal tarif, akses pasar dan dugaan pencurian kekayaan intelektual. Kesepakatan ZTE masih kontroversial di Capitol Hill.

Anggota Kongres dari kedua belah pihak telah melobi agar larangan itu tetap berlaku, dengan alasan kekhawatiran keamanan nasional. Dan administrasi Trump belum menyelesaikan masalah lain dalam perang dagangnya dengan Cina. Tarif AS atas barang-barang Cina senilai $ 34 miliar, dan tarif Cina atas barang-barang AS senilai jumlah yang sama, diberlakukan minggu lalu.

Presiden Donald Trump mengatakan dia siap untuk mengenakan tarif sebesar $ 450 milyar untuk ekspor Cina.

Comments

Popular posts from this blog

3 Teknologi Masa Depan untuk Merevolusi Penerbitan Digital

Satu dari Tiga Orang Amerika Berpikir Kami Akan Mengembangkan Koloni Ruang Dan Lainnya Pada 2064